Skip to main content

Konsep Dasar OOP


Fungsi, Prosedur, Method

-Prosedur adalah sebutan untuk fungsi yang tidak mengembalikan nilai. Fungsi ini biasanya ditandai
dengan kata kunci void.

-Fungsi adalah sebutan untuk fungsi yang mengembalikan nilai.

-Method adalah fungsi yang berada di dalam Class. Sebutan ini, biasanya digunakan pada OOP.

Pemrograman Berorientasi Objek

Pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming (OOP) atau merupakan sebuah paradigma atau teknik pemrograman yang berorientasikan Objek.

OOP memiliki beberapa keuntungan dalam pemrograman, di antaranya:
1. OOP menyediakan struktur modular yang jelas untuk program sehingga OOP sangat bagus digunakan untuk mendefinisikan tipe data abstrak di mana detil implementasinya tersembunyi.

2. OOP akan mempermudah dalam memaintain dan memodifikasi kode yang sudah ada. Objek yang baru dapat dibuat tanpa mengubah kode yang sudah ada.

3. OOP menyediakan framework untuk library kode di mana komponen software yang tersedia dapat dengan mudah diadaptasi dan dimodifikasi oleh programmer. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan GUI (Graphical User Interfaces).

Sedangkan beberapa kelemahan OOP antara lain adalah sebagai berikut:
1. Tidak memperbolehkan implementasi yang kuat pada reuse
2. Properti software tidak terikat dalam satu unit fungsional, sehingga harus
crosscut di antara komponennya.
3. Crosscut tersebut mengakibatkan sulitnya pengembangan dan pemeliharaan.


Ada 2 konsep yang ditawarkan pada konsep OOP, yaitu: 

1. Konsep Kelas

Bentuk atau gambaran umum ciri-ciri dari sebuah objek,
contoh kelas adalah mobil. Kelas mobil memiliki objek
yaitu: Toyota, Suzuki, Honda, dll.

Ketiga objek tersebut memiliki kesamaan atribut. Atribut
yang dapat disebutkan dari ketiga objek tersebut adalah :
harga, mesin, warna, tipe, bobot, dll.

Deklarasi :

public class Class1 {


}

2. Konsep Objek

Bentuk representasi dari sebuah kelas dalam konsep OOP.

Ketika objek diterjemahkan ke dalam konsep OOP, maka
elemen penyusunnya juga terdiri atas 2 bagian, yaitu:

Atribut, merupakan ciri-ciri yang melekat pada suatu
objek (state).

Method, merupakan fungsi-fungsi yang digunakan untuk
melakukan manipulasi sekumpulan nilai yang ada pada
atribut.

Deklarasi sebuah Objek pada Kelas:


namaKelas namaObjek = new namaKelas();


Parameter
Parameter adalah variabel yang menampung nilai
untuk diproses di dalam fungsi. Parameter berperan

sebagai input untuk fungsi.


.


Constructor
Constructor adalah method khusus yang akan
dieksekusi pada saat pembuatan objek (instance).

Biasanya method ini digunakan untuk inisialisasi atau
mempersiapkan data untuk objek.



Keyword This

Digunakan sebagai referensi dari variabel instansi yang
mengacu pada suatu objek.

Selain itu, This juga digunakan sebagai pembeda
antara variabel instansi dengan variabel atribut.
Apabila tidak menggunakan This, maka nilai akan di set
0 atau null pada String.

Selain dari 2 fungsi tersebut, keyword This juga
berfungsi sebagai pemanggil Constructor milik kelas
yang sedang digunakan.

Access Modifier

Access Modifier merupakan pengaturan terhadap
hak akses pada kelas maupun method.





Comments

Popular posts from this blog

Perulangan Pemrograman Java

Perulangan adalah sebuah metode untuk mengeksekusi perintah secara berulang. Perulangan akan terus dieksekusi secara terus menerus ketika kondisinya TRUE. Digunakan terutama untuk melakukan pemanggilan data pada Basisdata. Memiliki 3 jenis penulisan: For, While, Do…While Dalam pemrograman, terbagi menjadi 2 jenis : Counted Loop & Uncounted Loop. Jenis - Jenis Perulangan       1.)Counted Loop : Jenis perulangan yang telah ditentukan (batasnya) dan terhitung.        Contoh Counted Loop : For dan For…Each (Memunculkan Nilai Array).         2.)Uncounted Loop :  Jenis perulangan yang tidak memiliki batas perulangan yang jelas. Perulangan               akan terus dilakukan selama kondisinya TRUE.        Contoh Uncounted Loop : While dan Do…While Perulangan FOR Perulangan yang umum digunakan untuk menampilkan data Array. Pengecek...