ARRAY adalah Sebuah tipe data bentukan yang terdiri dari sejumlah komponen dengan tipe yang sama.
Berfungsi untuk menyimpan nilai pada suatu variabel yang memiliki tipe data yang sama. Konsep array adalah menyimpan setiap nilai ke dalam tiap blok yang disebut indeks. Setiap indeks dimulai dari 0 dan seterusnya.
Deklarasi umum array adalah :
Tipe_data nama_variabel[jumlah_Indeks];
Contoh:
int nilai [5]; // jumlah indeks dapat tidak ditulis meskipun belum diinisialisasi.
String [] nilai = new String[5]; // harus ditulis jumlah indeks jika belum diinisialisasi.
- Jumlah indeks dapat ditulis ataupun tidak ditulis.
- Jumlah indeks berarti menentukan batas maksimal untuk menyimpan nilai ke dalam setiap indeks.
- Tanpa penulisan jumlah indeks, jumlah indeks menjadi dinamis (bergantung kepada jumlah nilai yang tersimpan).
Contoh inisialisasi array:
String [] nilai1 = new String[]{"1","2"};
Penerapannya :
Cara pengaksesan indeks yang ke-1
Cara pengaksesan indeks array yang ke-2
Array Multidimensi
Sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui banyak indeks atau subskrip, atau bentuk kompleks dari array.
- Pengaksesan nilai dalam array menggunakan indeks baris dan kolom.
- Bentuk deklarasinya : variable[][]
- Utamanya digunakan untuk operasi Matriks.
Contoh program array multidimensi:
BLOK EKSEPSI
Merupakan keadaan tidak normal (abnormal) saat program tersebut dijalankan. Ketika terjadi suatu eksepsi, maka dibutuhkan suatu objek tertentu untuk penanganan eksepsi tersebut. Terdapat beberapa metode untuk penanganan Eksepsi, yaitu: try…catch, throw, throws dan finally.
Try...Catch
Bentuk dasar penanganan sebuah kondisi abnormal dari program.
Ketika terjadi satu eksepsi, maka blok catch akan “menangkapnya“ tanpa menghentikan program.
Jika tidak terjadi suatu eksepsi, maka blok try yang akan dijalankan.
Throw
Throw digunakan secara eksplisit untuk melemparkan suatu kondisi.
Aliran eksekusi akan segera terhenti apabila telah mencapai pernyataan throw.
Throw dibuat secara manual oleh programmer yang artinya kita dapat menentukan kapan kondisi throw terjadi.
Throws
Solusi apabila sebuah method dapat menyebabkan terjadinya eksepsi, namun tidak dapat “menangkapnya”.
Method lain dibuat untuk menangkap eksepsi tersebut.
Comments
Post a Comment